Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Berdiskusi

persiapan sebelum berdiskusi

Artikel ini, masih membahas mengenai materi Diskusi sahabat Ranikidia.com, tetapi sekarang bukan mengenai pengertian dan macamnya ya,hee..lalu apa dong? Ya bener sekali sesuai dengan judul yang di atas yaitu Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Berdiskusi.

Apa saja ya yang harus dipersiapkan kalau kita mau melakukan diskusi? Mari kita simak tiga jenis uraian berikut ini:

  1. Persiapan Bahan

Hal yang harus dipersiapkan berkenaan dengan persiapan bahan meliputi pembatasan tujuan, pembatasan pokok diskusi, dan penyajian prosedur diskusi. Mengapa poin ini diperlukan? Agar diskusi dapat berjalan dengan tertib dan terarah. Permasalahan yang dibahas dalam berdiskusi seyogyanya menarik perhatian peserta diskusi dan memang suatu persoalan yang aktual.

  1. Persiapan Personal

Awal mula, kita harus menentukan siapa saja peserta yang akan diundang, termasuk ahli apabila diperlukan. Berdasarkan penelitian kelompok diskusi yang idela itu memiliki anggota 8-12 orang.

Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Berdiskusi
  1. Persiapan Ruangan

Kaitanya dengan persiapan ruangan aspek estetis, fungi, cara tempat duduk harus diperioritaskan, karena sangat menentukan proses diskusi.

Baca juga: PENGERTIAN SINONIM, ANTONIM BESERTA CONTONYA

PERUBAHAN MAKNA KATA

KATA SERAPAN

Selain dari Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Berdiskusi, apa sih sebenarnya tujuan dari berdiskusi itu sendiri?

Jawabanya beragam, setiap diri kita bisa menyimpulkan sendiri, seperti halnya sahabat Ranikidia.com yang sedang membaca Artikel ini,hee..

Setidaknya seperti demikian yang dapat dijadikan referensi dari tujuan diskusi “untuk menumbuh kembangkan tradisi intelektual; mengambil keputusan dan kesimpulan; menyamakan persepsi, apresiasi dan visi; menumbuhkan kepedulian dan kepekaan; serta menjadi sarana kominikasi”.

Pengalaman, kalau yang kita lakukan sepertinya diskusi yang biasa saja, artinya yang kurang formal, tidak perlu mempersiapan personal, persiapan ruangan, kecuali hari-hari pada saat berada di sekolah kaitanya tugas presentasi suatu pelajaran, sedangkan yang dimaksud di sini diskusi misalnya pas istirahat nanti mau beli jajanan apa? Atau diskusi nati kalau pulang sekolah mau bareng. Tetapi tidak ada ruginya, kalau kita gemar membaca, toh suatu saat nanti tiba-tiba disuruh Ibu, atau Bapak gurunya berdiskusi kita sudah siap dong, benar tidak? berdiskusi kapanpun dimanapun akan selalu dipergunakan lhooo ya

About HADI SETIYO

Hai…sahabat www.ranikidia.com sebangsa dan setanah air, Saya Hadi Setiyo, sudah lama berkecimpung di dunia pendidikan dan juga jurnalistik. Saya Mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada para pembaca www.Ranikidia.com, telah berkunjung ke web kami.

View all posts by HADI SETIYO →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *