Materi Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/SMK Teks Eksplanasi

Materi Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/SMK Teks Eksplanasi

Ranikidia.com-Materi Bahasa  Indonesia Kelas XI SMA/SMK Teks Eksplanasi, belajar bereng yang kali ini akan diuraikan.

Semangat pagi, Bapak/Ibu guru dan peserta didik dimana saja berada, semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan dapat menjalankan aktivitas sebagai mana biasanya.

Mengapa menggunakan sapaan/ mengatakan semangat pagi?  Tentu saja dong, agar kita selalu semangat, seperti di pagi hari meski saat ini pun malam hari.

Kita sekarang sedang belajar, tetapi tidak dalam tatap muka secara langsung, tetapi belajar secara daring, belajar secara online.

Sebenarnya belajar online itu sangat mengasikan, hanya saja kita belum terbiasa, jikalau kita bisa memanagemen waktu secara baik maka akan lebih mudah.

Sudah kali berapa? materi Bahasa Indonesia kelas XI disampaikan dalam pembelajaran daring online sejauh ini? Lebih dari satu tentunya,hee.

Sekarang,  kita akan membahas mengenai Materi Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/SMK Teks Ekplanasi, terlebih akan kita mulai dari pengertian, tujuan dll.

Materi Bahasa  Indonesia Kelas XI SMA/SMK Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eskplanasi

Teks Ekplanasi merupakan tulisan yang berisi  mengenai suatu penjelasan lengkap tentang  topik berbagai fenomena, seperti fenomena alam, sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Teks Ekplanasi memiliki tujuan memberikan suatu informasi selengkap-lengkapnya agar pembaca memahami dari fenomena apa yang terjadi.

Teks eklaplanasi dalam penyampaianya banyak menggunakan fakta/pernyataan hubungan sebab-akibat menurut penulisnya.

Baca juga: Cara Mudah Buat Website/Blog Gratis Buat Pemula

Paragraf teks ekplanasi dapat berupa deduktif, induktif atau campuran, paragraf deduktif adalah paragraf yang letak gagasan umumnya ada di awal, paragraf Induktif gagasan utamanya ada di akhir paragraf.

Sedangkan paragraf campuran gagasan umumya terletak di awal dan akhir paragraf, pada umumnya teks eksplanasi menggunakan deduksi.

Ciri-ciri teks eksplanasi;

1. Setruktur teks ekspanasi terdiri atas pernyataan umum (deskripsi awal yang disampaikan) adanya penjelasan (inti dari penjelasan) interpretasi (pandangan/kesimpulan).

2. Berisi informasi fakta (faktual)

3. Adapun faktualnya memuat informasi yang berisi keilmuan (sains)

Secara garis besar, struktur teks eksplanasi berupa pernyataan umum, deretan penjelasan dan juga interpretasi.

Demikian ulasan mengenai teks eksplanasi pembelajaran daring pada kesempatan saat ini, silahakan baca dengan saksama agar mendapatkan manfaat. Terimakasih.

About HADI SETIYO

Haiā€¦sahabat www.ranikidia.com sebangsa dan setanah air, Saya Hadi Setiyo, sudah lama berkecimpung di dunia pendidikan dan juga jurnalistik. Saya Mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada para pembaca www.Ranikidia.com, telah berkunjung ke web kami.

View all posts by HADI SETIYO →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *