Pengertian Diskusi dan Macamnya

pengertian, macam diskusi

Kehidupan manusia dalam keseharianya tidak lepas dari kegiatan berkomunikasi, bukan begitu sahabat Ranikidia.com, baik itu komunikasi lisan maupun tulis, tetapi kali ini, akan menguraikan mengenai Pengertian Diskusi dan Macamnya.

Agar tidak bertanya-tanya yuks.. kita simak langsung penjelasan berikut ini, kata Diskusi itu berasal dari bahasa latin, yaitu Discutere yang memiliki arti mambeberkan masalah. Apabila diambil sebuah pengertian berarti diskusi merupakan suatu proses berfikir bersama untuk memahami suatu masalah dan menetukan sebab-musababnya, serta mencari solusinya. Melalui diskusi, kita dapat mengemukakan pendapat, menjelaskan alasan serta hubungan yang terjalin di antara permasalahan yang ada. Berakhirnya suatu diskusi, seharusnya anggota diskusi sudah menemukan suatu keputusan mengenai masalah yang di diskusikan. Sekarang Mari kita membahasa mengenai Macam-macam diskusi.

Macam-macam Diskusi

Membahasa mengenai macam diskusi, sangat banyak ragamnya, ada sekitar tiga belasan jenis, namun tidak semua di bahas, apa saja diantaranya:

  1. Diskusi Kelompok

Diskusi kelompok jumlah peserta terbatas, dapat dilakukan secara formal dan nonformal, berlatar belakang persamaan profesi, status, usia maupun jenis kelamin.

  1. Diskusi Panel

Diskusi panel terlebih dahulu di awali dengan penyampaian pembahasan/uraian.

  1. Diskusi Pleno

Kelompok-kelompok yang ada berkumpul untuk menyampaikan hasil diskusi dan merupakan kelanjutan dari diskusi kelompok.

Baca juga:  PENGERTIAN SINONIM, ANTONIM BESERTA CONTONYA

PERUBAHAN MAKNA KATA

Pengertian Diskusi dan Macamnya
  1. Diskusi Fak

Diskusi Fak memiliki tujuan mengelola suatu bahan secara bersama-sama di bawah bimbingan suatu ahli guna mencapai suatu pengetahuan yang lebih tinggi.

  1. Debat

mengapa debat dikategorikan ke dalam suatu diskusi? Alasanya karena termasuk dalam bertukar pendapat mengenai suatu pokok masalah, setiap peserta memberikan alasan untuk mempertahankan pendapatnya.

  1. Simposium

pertemuan yang diselenggarakan guna membahas prasaran dari beberpa ahli mengenai pokok persoalan tertentu.

  1. Diskusi podium

wakil dari setiap kelompok menjelaskan masalah yang ada secara terbuka

  1. Kongres

merupakan pertemuan para wakil organisasi baik politik, sosial guna berfikir bersama dalam mengambil keputusan

  1. Konferensi

Pertemuan beberapa orang dengan tujuan berfikir bersama untuk mencapai suatu keputusan

  1. Seminar

Para ahli menyampaikan pembahasan masalah. Peserta berperan serta dengan menyampaikan pertanyaan, ulasan maupun pembahasan.

Seperti dikemukakan di awal, sebenarnya masih beberapa lagi yang harus dibahasa mengenai Macam-macam diskusi sahabat Ranikidia.com. ini saja sudah cukup, setidaknya kita tidak heran lagi bila bertemu dengan istilah lain dari diskusi.

About HADI SETIYO

Hai…sahabat www.ranikidia.com sebangsa dan setanah air, Saya Hadi Setiyo, sudah lama berkecimpung di dunia pendidikan dan juga jurnalistik. Saya Mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada para pembaca www.Ranikidia.com, telah berkunjung ke web kami.

View all posts by HADI SETIYO →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *