Terdeteksi Curi Password Pengguna Medsos Melalui Aplikasi Android

Ranikidia.com– lebih dari 80 Aplikasi Android terdeteksi berupa malware yang memiliki kemampuan untuk mencuri Password pengguna Media sosial (Medsos) Melalui Aplikasi Android, yang pada akhirnya dihapus dari toko aplikasi oleh Google.

Kaspersky pada mulanya menemukan adanya Aplikasi yang terinfeksi malware, dan oleh pemerintah Amerika Serikat juga Inggris, Aplikasi tersebut sudah dilarang keberadaanya, seperti dikutip pada lama Softpedia satu bulan yang lalu.

Fatalnya, bahkan salah satu Aplikasi yang telah terinfeksi malware diunduh sebanyak 1 juta pengguna Android, begitu hebatnya hingga mampu bertahan di Google Play  beberapa waktu tanpa terdeteksi.

Mr President Rum jenis game merupakan nama Aplikasi yang terindikasi malware, keberadaanya mulai diperkenalkan pada Maret 2017 dan pada bulan Juni 2017 jumlah unduhan kian bertambah.

Terdeteksi Curi Password Pengguna Medsos Melalui Aplikasi Android

Selain itu, ada juga Aplikasi yang selama dua tahun berada di Google Play Store terinfeksi, telah diunduh sebanyak 1000 sampai dengan 100 ribu unduhan oleh pengguna android.

Jejaring sosial milik Rusia bernama VK yang telah berhasil dicuri passwordnya, dengan cara memerintahkan pengguna untuk memasukan username dan password. Tidak hanya itu aplikasi berbayar, dan juga media sosial seperti facebook turut menjadi ancaman.

Baca juga: Tips Buat Tulisan DI WhatsApp Jadi Unik

Penghargaan Mengesankan dari Google Buat Admin

Langkah terbaik mengatasinya

Ilustrasi Malware Android (Ranikidia.com)

Roman Unuchek, Tim keamana di Kaspersky, mengungkapkan atas penyelidikan terhadap media sosial VK yang paswordnya telah dicuri oleh malware menduga, motif tersebut guna meningkatkan popularitas groupnya.

Negara yang menjadi sasaran malware yaitu Rusia, Uzbekistan,Belarus, Azerbaijani, Kygyztan, Kazakhstan, Ukraina, Armenia, Romania, Tajik, karena negara-negara tersebut disinyalir pengguna media sosial Aplikasi VK terbesar.

Solusi terbaik, bagi yang telah menjadi sasaran kejahatan siber malware atas pencurian password dan bisa juga data, dianjurkan segera mungkin untuk dapat mengganti password, walau memang aplikasi tersebut sudah dihapus keberadaanya dari Google Play.

Selau berhati-hati pecinta android, apabila Anda ingin mendonloud aplikasi, jangan asal mengunduh, kenali terlebih dahulu, pelajari, menggali informasi bisa dari ahli IT atau mencari dengan banyak membaca sumber yang kridibel itu lebih penting, dari pada nanti menjadi sasaran berikutnya.

About HADI SETIYO

Hai…sahabat www.ranikidia.com sebangsa dan setanah air, Saya Hadi Setiyo, sudah lama berkecimpung di dunia pendidikan dan juga jurnalistik. Saya Mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada para pembaca www.Ranikidia.com, telah berkunjung ke web kami.

View all posts by HADI SETIYO →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *