Tata Cara Pengisian Lewat HP Sensus Penduduk Online 2020

Tata Cara Pengisian Lewat HP Sensus Penduduk Online 2020

Ranikidia.com- Tata Cara Pengisian Lewat HP Sensus Penduduk Online 2020, memudahkan kita dalam pengisisan sensus penduduk 2020 hanya butuh wantu 5 menit.

Banyak diantara kita yang sudah tahu sensus penduduk, apasih sesus penduduk itu? Baiklah mimin akan menjelaskan sedikit mengenai sensus penduduk.

Sensus penduduk merupakan perhitungan dari jumlah penduduk secara periodik, data tersebut mencakup banyak hal seperti  jenis kelamin, umur, pekerjaan dll.

Terus tujuan dari sesus penduduk itu sendiri sebagai penyedia data, baik jumlah penduduk, distribusi, komposisi, sebagai parameter demografi, karakteristik penduduk.

Sensur penduduk memiliki dasar hukum yang telah diatur dalam undang-undang dalam kurun waktu minimal 10 tahun sekali.

 Sensus penduduk 2020 diadakan duatahap, pertama dilakukan secara online dari tanggal 15 Februari dan diperpanjang hingga 29 Mei 2020 secara mandiri.

Tahapan kedua sensus penduduk wawancara yang akan dijadwalkan dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 30 September 2020, bagi yang belum melakukan secara online, bila kondisi sudah pulih kembali dari covid-19.

Baca juga: cara-aktivkan-gratis-kuota-30-gb-kartu-indosat-ooredo-2020

Sensus penduduk tahun 2020 sangat penting, guna mendapatkan jumlah penduduk sesuai dengan domisisli yang akan membantu pemerintah dalam penyusunan program-program.

Tenang saja Bapak, Ibu untuk kerahasiaan dari data sensus kependudukan ini dijamin kerahasiaanya sebagai mana sesusi dengan undang-ungdang NO 16 Tahun 1997 Tentang Statistik.

Tetap di dalam rumah, siapkan hp yang telah terkoneksi dengan internet, kemudian simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

Cara Pengisian Lewat HP Sensus Penduduk Online 2020

Hal yang harus dipersiapkan

  • Persipkan Kartu Keluarga (KK)/Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Dokumen Pernikahan/Dokumen Perceraian/Surat Keterangan kematian, anggota keluarga tambahan bila  ada.
  • Waktu pengisian 5 Menit

*setiap pengisian ini akan berbeda-beda, sesuai dengan kondisi saat ini, mimin memberikan contoh dari sensus keluarga mimin.

1. Buka laman berikut https://sensus.bps.go.id/login

2. Pilih Bahasa Indonesia

3. Masukan NIK, NO KK, isikan Kode Captcha

4. Buat Password (yang mudah diingat), ulangi kembali, pilih pertanyaan, kemudian jawab klik buat password.

5. Klik mulai

6. Tampil menu utama, isikan keterang keluarga dengan mengklik pilihan yang tersedia dari 1 sampai 5 pertanyaan.

7. Tampil menu nama kelurga, bila ada keluarga tambahan silahkan ditambahkan.

8. Mulai pengisisan data nama semua keluarga selesaikan hingga habis (isi sesuai dengan keadaan sekarang, setiap kelurga akan berbeda-beda).

9. Tampil menu ringkasan nama- nama anggota keluarga

10. Tampil menu konfirmasi, klik kirim (bila data sudah benar)/ simpan sementara (bila ingin melengkapi data) hanya ada satu kali kesempatan setelah data terkirim.

11. Sensus penduduk 2020 berhasil klik oke

About HADI SETIYO

Haiā€¦sahabat www.ranikidia.com sebangsa dan setanah air, Saya Hadi Setiyo, sudah lama berkecimpung di dunia pendidikan dan juga jurnalistik. Saya Mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada para pembaca www.Ranikidia.com, telah berkunjung ke web kami.

View all posts by HADI SETIYO →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *