Syarat dan Cara Daftar Ujian Masuk 57 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Di Indonesia 2018

Syarat dan Cara Daftar Ujian Masuk 57 Pergururan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Di Indonesia 2018

Ranikidia.com – Sebelum membahas mengenai Syarat dan Cara Daftar Ujian Masuk 57 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Di Indonesia 2018 (UM-PTKIN), simak ulasan berikut ini.

Bagi pelajar UM-PTKIN (Ujian Masuk Pergururan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) tidak begitu asing, namun bagi sebagian kalangan masih belum begitu paham.

UM-PTKIN merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru masuk yang meliputi UIN, IAIN dan STAIN, dengan cara mengikuti tes terlebih dahulu, baik menggunakan komputer ataupun tes tertulis, secara serentak diseluruh Indonesia.

Selain dari UM-PTKIN masih ada, yaitu jalur SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) yang biasa di sebut dengan jalur tanpa tes, masuk perguruan tinggi mengunakan nilai rapor dan prestasi lain.

Namun untuk jalur SPAN-PTKIN pendaftaran telah selesai dan kini tinggal menunggu pengumumanya saja.

Selain itu, ada juga beberapa perguruan tinggi yang menerima mahasiswa baru tahun 2018  menggunakan jalur mandiri, namun kali ini saya akan memfokuskan mengenai UM-PTKIN 2018 saja.

Di Indonesia terdapat 57 perguruan tinggi keagamaan islam negeri baik itu UIN, IAIN dan STAIN yang tersebar dari sabang sampai merauke.

baca juga:  Cek Kuota Tiap Prodi Penerimaan Jalur Tes IAIN Metro 2018

Persayaratan, cara mendaftar,  tatacara pembayaran, biaya dll, secara lengkap bisa di downloud disini Syarat, Cara Daftar dll Ujian Masuk 57 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Di Indonesia 2018

Syarat dan Cara Daftar Ujian Masuk 57 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Di Indonesia 2018

57 perguruan tinggi tersebut  melaksanakan penerimaan mahasiswa baru serentak mulai tanggal 12 April sampai 18 Mei 2018. Melalui satu pintu pendaftaran secara online melalui  https://www.um-ptkin.ac.id

Alangkah baiknya juga, bila membaca menu prodi yang ada di bagian kanan atas, yang menyajikan jumlah kuota, yang akan diterima dari 57 perguruan tinggi keagamaan islam di seluruh Indonesia.

Menu ptkin yang memuat zona yang berisi informasi kampus baik alamat, nomor telepon, web.

Untuk pendaftaran bisa langsung mengikuti saja sesuai alur pendaftaran, klik pilihan yang disediakan pada menu yang ada di web.

Jangan lupa isi dengan benar setiap fom yang ada pada tampilan menu biodata, pendidikan SMA sederajat, pendidikan pesantren, siapkan nomor KTP, bila tidak ada NIK yang ada di KK, Nomor  NISN, nomor Ijasah/SKL dan seterusnnya.

Semoga artikel ini bermanfaat bantu share, terimakasih

About HADI SETIYO

Hai…sahabat www.ranikidia.com sebangsa dan setanah air, Saya Hadi Setiyo, sudah lama berkecimpung di dunia pendidikan dan juga jurnalistik. Saya Mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada para pembaca www.Ranikidia.com, telah berkunjung ke web kami.

View all posts by HADI SETIYO →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *