Pemahaman Keterampilan Berbahasa 1

Sahabat ranikidia.com yang budiman, semoga kesehatan selalu menyertai kita semua, segala aktivitas yang kita lakukan saat ini semoga bermanfaat untuk orang lain, dari kecil kita sudah belajar tentang memahami suatu informasi, baik di lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah ataupun tempat kita melakukan kegiatan sekarang ini.

Misalkan pada saat SD saja, yang tentunya tidak lupa dalam ingatan kita, setiap sehabis materi selalu diberikan tugas oleh bapak ibu guru kita, kemudian ada uji tengah semester, lalu dilanjut ujian sekolah, begitu seterusnya.

Ilustrasi saat ujian (Ranikidia.com)

Memasuki SMP sederajat, lalu tidak diam begitu saja, prosesnya ya.. seperti itu, selalu ada yang namanya mengulang suatu materi yang telah dipelajari, guna mengetahui sejauh mana pemahan kita.

Selama kita hidup, ujian itu pasti ada, tidak hanya ujian dari yang diberikan oleh sekolah, namun, ujian dalam menjalani kehidupan juga, intinya kita tetap bersabar dan selalu berdoa serta tetap berusaha.

Ilustrasi menghadapi ujian (Ranikidia.com)

Lalu, apa kaitanya dengan pembelajaran kali ini, sebelumnya Anda telah membaca materi mengenai BENTUK-BENTUK KATA dalam BAHASA INDONESIA dan  PERUBAHAN MAKNA KATA, yang ada pada MAIN MENU, Pendidikan, subnya Materi Kelas XI, guna umpan balik pengetahuan menegnai materi yang disajikan melalui Pemahaman Keterampilan Berbahasa 1 ini.

Maka dari itu, silahkan kerjakan dengan mandiri soal dibawah ini:

  1. Secara morfologis itu sendiri, kata dibedakan menjadi berapa macam?
  2. Apakah yang dimaksud dengan kata dasar? Lalu berikan dua contoh, kemudian buatlah kalimatnya
  3. Apa yang dimaksud dengan kata berimbuhan? Buatlah tiga contoh menjadi kalimat
  4. Buatlah masing-masing tiga kalimat dari Pengulangan berimbuhan
  5. Buatlah masing-masing tiga kalimat dari Pengulangan pada suku awal
  6. Buatlah contoh fungsi ulang yang menyatakan Resiprok
  7. Buatlah contoh fungsi ulang yang menyatakan Asosiasi
  8. Buatlah contoh fungsi ulang yang menyatakan Generalisasi
  9. Buatlah contoh fungsi ulang yang menyatakan Senestasia
  10. Buatlah contoh fungsi ulang yang menyatakan Spesialisasi

Silahkan pahami kembali, dari materi yang telah disebutkan di atas, agar tidak terjadi kesalah pahaman dalam memperoleh informasi, apabila anda dapat menjawab dengan mudah, itu artinya anda dapat memahami setidaknya 80 persen dari apa yang telah kami sampaikan. Bila kita rajin membaca, maka kita akan selalu bertambah ilmu dan pengetahuan.

 

 

 

 

About HADI SETIYO

Hai…sahabat www.ranikidia.com sebangsa dan setanah air, Saya Hadi Setiyo, sudah lama berkecimpung di dunia pendidikan dan juga jurnalistik. Saya Mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada para pembaca www.Ranikidia.com, telah berkunjung ke web kami.

View all posts by HADI SETIYO →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *