Ciri Website/Blog Bersertifikat Aman untuk Di Akses

Ciri Website/Blog Bersertifikat Aman untuk Di Akses

Ranikidia.com-Ciri Website/Blog Bersertifikat Aman untuk Di Akses,harus diketahui bagi kita yang sering berselancar di dunia maya.

Website/blog salah satu media (platfom) memuat sebuah informasi yang beragam fungsi, baik itu web sebagai toko jualan atau memuat tulisan yang berupa artikel.

Website/blog sama halnya sebuah bangunan fisik, misalkan perkantoran ataupun juga rumah yang harus dijaga , agar aman dari pencuri.

Jadi, nantinya pemilik website/blog, terlebih juga pengunjung akan dilndungi segala macam data penting dari penyalah gunanan tersebut.

Bila sebelumnya ingin membuka website/blog masih ragu-ragu, semoga adanya artikel ini menghilangkan kecemasan anda.

Perkantoran dijaga oleh pak satpam selama 24 jam, maka website/blog dijaga keamanaya oleh Secure Socket Layer (SSL).

SSL adalah protokol atau lapisan standar keamanan  internasional, ditandai dengan simbol gembok kecil pada url web broswer/bisa juga ditandai dengan tulisan HTTPS.

HTTPS bukan HTTP, disinilah biasanya hacker melancarkan aksi kejahatanya, dalam berbagai kasus kejahatan di dunia maya.

Sudah dijelaskan di awal, URL HTTPS artinya website/blog tersebut sudah memiliki sertifikat keamanan SSL, bila masih HTTP berarti belum memiliki sertifikat keamanan.

Sebetulnya bukan hanya website/blog, tetapi semua media sosial (Platfom) yang mendunia, anda bisa cek sendiri, misalkan, FB, IG, WHATSAPP WEB dll.

Contoh Platform, Website/Blog Bersertifikat SSL Aman untuk Di Akses

Terlebih web instansi pemerintah , BUMN, Swasta, online shop, perbankan diharuskan menggunkan sertifikat  SSL untuk menjaga keamanan pengguna.

Jadi intinya website/blog media apapun itu (Platfom) bila belum memiliki sertifikat SSL belum bisa dikatakan aman untuk dikunjungi


Agar Lebih Jelas Berikut Ciri Website/Blog Bersertifikat Aman untuk Di Akses

cara-mudah-buat-website-blog-gratis-buat-pemula

  1. Website/blog yang bersertifikat SSL sebelum url web broswer ada simbol gembok kecil dan bertuliskan HTTPS
  2. Website/blog jelas kepemilikanya, instansi pemerintah, BUMN, swasta, berita online atau juga milik perorangan.
  3. Website/blog yang bersifat pribadi (Blogger) biasanya mencantumkan latar belakang penulis, ditandai dengan menu PROFIL, KONTAK, dll sebagai pertanggung jawaban.
Website/Blog Ranikidia.com Bersertifikat SSL Aman untuk Di Akses

Berikut Ciri Website/Blog Yang Belum Memiliki Sertifikat SSL dan Berbahaya

1. Website/blog  yang belum menggunkan sertifikat SSL akan ditandai oleh google pada url  bulatan seperti huruf i (not secure/info/tidak aman)

URL website/blog tidak aman

google memberikan peringatan, bahwasanya data dapat resiko tercuri atau disalah gunakan bila mengakses web tersebut (ini akan muncul bila mengunakan google crome)

2. Website/blog  bila memiliki tanda Segitiga merah didalamnya ada tanda seru, artinya web berbahaya bagi pengunjung sebaiknya tidak usah diakses.

URL website/blog berbahaya

Google merekomendasi penggunaan sertifikat SSL untuk menjaga kemanan website terutama bagi pengunjung.