Cara Buat Google Classroom Lewat HP untuk Belajar Online

Cara Buat Google Classroom Lewat HP untuk Belajar Online

Ranikidia.com- Cara Buat Google Classroom Lewat HP untuk Belajar Online, sudah mimin coba dan alhamdulilah berhasil.

Menyebarnya wabah covid-19 berimbas dalam segala lini kehidupan tidak terkecuali dalam dunia pendidikan.

Apa kabar semua? Semoga kita selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT, Aaminn untuk dapat selalu beraktivitas di rumah saja.

Sudah berapa hari belajar online? Khususnya Bapak, Ibu guru yang mengampu matapelajaran, awal pembelajaran online tentu banyak saja kendalanya.

Wajar saja, semula kita belajar bertatap muka dengan anak-anak di dalam kelas, begitu juga dengan peserta didik yang akan jauh menyenagkan.

Bapak, Ibu, pembelajaran jarak jauh (menggunanakan daring online) media apa yang digunakan? Whatsaaps? Telegram? Atau memang sudah dibuatkan dari instansi?

Wah, tentunya beragam bukan, sekarang banyak sekali media online yang dapat digunakan buat belajar bareng peserta didik? Semua itu guna melanjutkan proses pembelajaran.

Sebenarnya media yang sering digunakan saat ini adalah wahatssapps, yang memang setiap hari kerap sekali digunakan dalam berkominikasi.

Adanya whatsapps ini sangat membatu sekali yang tergabung dalam grub-grub, sampai entah berapa grub saja yang ada di dalam HP Bapak, Ibu semua.

Setiap media sosial memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing, seperti halnya wahtsapps yang sering kita gunakan saat ini.

Bila digunakan dalam pembelajaran online dengan pesertadidik tentu akan sangat banyak sekali tulisa-tulisan yang saling bercampur aduk.

Baca juga ; Cara Aktivkan Gratis Kuota 30 GB Kartu Indosat Ooredo 2020

Semakin banyaknya percakapan yang ada dalam sebuah grub itu, tentu saja kita akan enggan untuk membacanya satu persatu, betul tidak Bapak, Ibu guru.

Sedangkan kita inginya menjelaskan sampai peserta didik itu betul-betul paham terhadap materi apa yang akan kita sampaikan.

Produk dari google namanya Google Classroom ini sudah lama digunakan bapak, Ibu, terutama buat perkuliahan.

Google classroom di desain semudah mungkin untuk penggunaya, menunya sederhana, namun efektif bila dugunakan dalam pembelajaran online seperti saat ini.

Pembuatan google classroom ini bisa cukup dengan mengunakan HP bapak, Ibu semua, berikut caranya.

Cara Buat Google Classroom Lewat HP untuk Belajar Online

1. Instal aplikasi google classroom di playstore/sejenisnya kemudian klik BUKA

2. Klik  GET STARTED

3. Pilih gmail yang akan digunakan Klik OKE

4. Klik tanda + pada pojok kanan, akan muncul menu JOIN CLASS (digunakan bila ingin bergabung dengan kelas yang sudah ada),

CREATE CLASS (digunakan bila ingin membuat kelas), maka kita KLIK CREATE CLASS (ingin buat kelas).

5. Muncul menu berikut, pilih centang, klik continue

6. Class mane (bisa kelas dll), section ( bisa matapelajaran dll), room (bisa rumah dll), subjek (apa saja) punya admin dikosongkan, kemudian klik Create (pojok kanan atas).

7. kelas bapak-ibu sudah jadi.

Untuk mengundang peserta didik berikut caranya

1. klik kelas yang sudah jadi, klik gambar gerigi pojok kanan atas,

2. lihat General ( class code)misal zovejdi, nah kode ini yang nantinya di berikan ke peserta didik,

3. Peserta didik untuk mengistal juga google calasroom di Hpnya, prosesnya sama seperti tatacara membuat kelas dari point 1-4, bedanya pada point 4 yang dipilih adalah join (gabung dengan mengirimkan kemudian memasukan kode kelas point 2).

About HADI SETIYO

Haiā€¦sahabat www.ranikidia.com sebangsa dan setanah air, Saya Hadi Setiyo, sudah lama berkecimpung di dunia pendidikan dan juga jurnalistik. Saya Mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada para pembaca www.Ranikidia.com, telah berkunjung ke web kami.

View all posts by HADI SETIYO →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *